friday 13, kok baru tahu ya?

Setiap gugus budaya sepertinya bisa dipastikan punya mitos-mitos, anggapan2 yang menyusup begitu saja ke dalam alam bawah sadar kita menembus brigade logika. Bahkan, walaupun kita tahu ketidakbenarannya, kita tetap tidak berani melanggarnya.

Orang2 barat menyebarkan mitos angka 13 sebagai angka sial, hingga banyak gedung tidak punya lantai ke-13 (diganti dengan lantai 12A). Entah karena pemilik gedung tak punya nyali memasang angka 13 atau agar tidak dihindari oleh calon penyewa. Kalau orang2 cina angka sial adalah angka 4. Di kita, katanya memakan pisang dempet nanti nakan kita jadi kembar siam, anak perawan kalau makan di pintu rumah akan susah dapet jodoh.

Rupanya beberapa mitos bisa ditemukan justifikasi rasionalnya. Seperti anak perawan tidak boleh makan di pintu, ya karena itu tidak sopan dan mereduksi daya tariknya. Ada juga mitos yang punya landasan religi, misalnya angka ganjil adalah angka yang bagus karena disukai Tuhan. Banyak juga hadist-hadist nabi yang menyebutkan hari baik untuk melakukan sesuatu dan hari yang kurang baik. Tapi yang pasti, banyak mitos yang lebih dari sekedar tidak masuk akal.

Friday 13! Saya baru tahu kalau ada mitos kengerian di tanggal itu. Informasi datang dari Jay Agashi, salah satu programmer saya. beberapa hal terjadi pada saya di friday 13, mungkin memang pembuktian kebenaran mitos, tapi menurut saya hanyalah sebuah kebetulan belaka. Saat itu adalah hari pertama mengerjakan sebuah proyek pengembangan sistem di pabrik susu bendera. Apa yang terjadi? Ternyata pekerjaan yang harus dikerjakan jauh lebih banyak dan lebih rumit dari yang diperkirakan (tetapi anggaran tidak bisa dinaikkan. he he he).

Itu sih gak masalah, takkan membuat gentar. Yang berat sekali melewatinya adalah saya salah makan di pabriknya susu bendera. Muntah-muntah terus sampai minggu, perut kejang2. Senin sudah agak lumayan. Eh, selasa, cairan tubuh terkuras oleh diare sampe malem dan akhirnya diajak makan oleh haryo di tiktok. Thx ya bos…

Hari ini? sepertinya lebih baik… i wish…

(jum’at adalah hari yang mulia)

2 thoughts on “friday 13, kok baru tahu ya?”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *